Tarkib dalam Bahasa Arab
A. PENGERTIAN TARKIB (QAWAID)
Yang dimaksud tarkib dalam bahasa arab yaitu susunan yang ditinjau dari ilmu nahwu dan ilmu shorof.
Pengertian dari ilmu nahwu sendiri adalah ilmu yang membahas kedudukan kalimah dalam bahasa arab ditinjau dari segi I;rob dan bina’.
Sedangkan ilmu shorof adalah perubahan asal suatu kata kepada beberapa kata yang berbeda untuk mencapai arti yang dikehendaki yang bias tercapai hanya dengan perubahan tersebut.
B. MACAM-MACAM MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARANTARKIB
1) Kubus Struktur
Kubus struktur adalah sebuah kotak yang berbenyuk kubus yang kesemua sisinya ukurannya sama.kubus ini terbuat dari kertas yang kuat atau triplek, yang didalamnya memuat unsur-unsur kalimah yang telah diajarkan oleh guru.
Pada setiap sisi kubus ditulis kalimah dengan tujuan sebagai media untuk mempelajari susunan kalimah. Misalakan saja pada kubus pertama dibuat kaliamh yang mempunyai kedudukan sebagai mubtada atau pada kubus kedua sebagai fi’il pada kubus ketiga sebagai maf’ulbih pada kubus ke empat sebagai hal. Kalimah itu diletakan pada kertas dan ditempelkan pada kubus. Kubus struktur ini cocok untuk mempelajari kedudukan kalimah.
Langkah-langkah penggunaan kubus kalimah :
1. Letakan kubus struktur pada meja yang tinggi dengan urutan kalimahnya.
2. Bacalah kalimah yang terdapat pada sisi kubus dua atau tiga kali.
3. Guru mencari materi lkemudia membaca lalu diikuti oleh para murid.
4. Putar kubus pertama untuk mubtada’ jika ingin belajar tenteng fi’il putarlah kubus yang kedua jika ingin belsjsr mengenai mafbul bih putar kubus yang ketiga.
5. Carilah kalimah yang baru dari materi qiro’ah.
يكتبً
الدرس
قائما
المدرس
الصورة مكعبات التركيب
2) Papan Selip
Papan selip merupakan media yamg berupa papan yang memiliki saku. Papan ini ditempelkan pada papan tulis yang diletakan dari ujung kiri ke ujung kananpapan ini dibuat dari karton ukurannya 100 cm x 70 cm. papan selip sangat membantu siswa dalam mempelajari tarkib dan mengurutkan kalimah, menyempurnakan jumlah dengan mengganti gambar sebagai kalimah. Lebih bagusnya untuk pembaca, membaca dulu.
Langkah-langkah penggunaan papan selip sebagai media dalam mempelajari tarkib atau kedudukan kalimah.
A. Perubahan shighot
Langkah ini dibagi menjadi dua yaitu :
1. Persiapan
a. Menentukan judul yang diinginkan, misalkan ingin mengubah fi’il menjadi fail.
b. Sediakan kalimah yang digunakan sebagai latihan dalam perubahan bentuk kalimah.
c. Tulislah setiap kalimah dari bentuk tarkib kedalam kartu dengggan garis yang besar (penulisan fi’il dengan warna merah atau dengan garis bawah).
d. Tulislah pada kertas isim fa’il dari setiap fi’il yang lain sesuai dengan kalimah yang ada.
2. Pendahuluan
a. Letakkan papan pada dinding didepan siswa’
b. Letakan seluruh kalimah yang telah ditulis dalam kertas masukan kedalam kantong dan berilah jarak pada setiap jumlah/kalimah.
c. Bacalah kalimah yang dibuat sebagai contoh dua kali kemudian carilah pelajaran lain dan ulangilah.
d. Jelaskan arti/terjemahan kalimah itu.
e. Menjelaskan fungsinya.
f. Carilah dari pelajaran perubahan fi’il dalam jumlah(kalimah)yang kedua menjadi isim fa’il.
g. Carilah kalimah yang baru dari pelajaran qiro’ah atau yang lain.
Lihatlah pekerjaan temanmu jika pekerjaan temanmu salah maka betulkanlah.
محمد يذهب الي الصيد لية
فاطمة تجاس في الحجرة
التلميذ يدخل في الفصل
االمدرس يفق امام الصبورة
صورة لوحة الجيوب للتوتيب علي تحول الصيغ
B. Menyempurnakan Kalimah
Penggunaan papan selip yang kedua untuk berlatih menyempurnakan jumlah
1. Persiapannya
a. Batasilah judul yang anda inginkan . carilah kalimah dan gambar yang anda butuhkan untuk berlatih sesuai dengan judul.
b. Tulislah semua kalimah kedalam satu kartu
c. Tulislah ada dan ma’dud setiap jumlah satu kalimah untuk mudzakar, muanats, mufrod, tasniyah dan jamak.
2. Pendahuluan
a. Taruh papan didepan pada saat pelajaran.
b. Letakanlah seluruh kalimah dan gambar yang diinginkan yang telah ditulis pada saku.
c. Bacalah kalimah yang belum sempurna, bacalah contoh kemudian jelaskan maknanya.
d. Terapkan bagaimana cara mengerjakannya dengan memberikan contoh.
e. Carilah dari pelajaaran yang lain yang ada hubungannya dan benarkan jika ada kesalaahan.
f. Lanjutkan kalimah hingga selesai semuanya.
في الحديقة
انا اذهب الي الجامعة ب
الغلمان يشتري
صورة لوحة الجيوب للتدريب علي تكملة الجملة با لمثير
الصورى
3) Proyektor Transparansi (OHP)
Transparansi yang di proyeksikan adalah visual baik berupa huruf,gambar,grafik atau gabungannya pada lembaran tembus pandang atau plastic yang dipersiapkan untuk diproyeksikan kesebuah layar atau dinding melalui sebuah proyektor.kemampuan proyektor membesar gambar membuat media ini berguna untuk menyajikan informasi kelompok yang besar dan pada semua jenjang.
Kelebihan OHP :
a. Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang sehingga guru dan murid tetap dapat saling melihat.
b. Dapat manjangkau kelompok yang besar.
c. Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa.
d. Transparansi dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru.
e. Peralatannya mudah dioprasikan dan tidak memerlukan perawatan khusus .
f. Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna.
g. Dapat disimpan dan digunakan berulang kali.
h. Dapat dijadikan pedoman dan penuntun bagi guru dalam penyjian maateri.
Keterbatasan OHP
1. Fasilitas OHP harus tersedia, listrik pada ruang penyajian harus tersedia.
2. Tanpa layar yang dapat dimiringkan sulit untuk mengatasi distorsi tayangan yang berbentuk trapezium.
3. Harus memiliki teknik khusus dalam pengaturan baik penyajian maupun penyampaian.
4) Peta
Peta baik untuk dibuat sebagai media pembelajaran tarkib nahwu. Contoh penggunaan peta penggunaan peta sebagai media pembelajaran tarkib. ما هذه؟ هذه.......ماهذا؟ هذا...........
Guru menunjukan peta Negara sambil berkata ماهذه kemudian menjawab هذه مصرkemudian menunjukan kenegara yang lain.
Guru juga dapat menanyakan tempat/kota dalam peta, misalkan saja ابن القاهره : القاهرة فى المصر [1]
5) Media kartu
a) Nama media:media kartu jual beli
1. Bahan-bahn yang diperlukan
- karton ukuran 5 x 10 cm
- spidol
- kata-kata yang diambil teks bacaan ditulis dikarton
-kemudian ditulis juga jenis kata misalnya :
الاسم – الهعل – الهرف
2. Cara mengaplikasikan
- siswa pertama mengangkat kartu yang bertuliskan kata-kata(sebagai barang yang dijual)
- sedangkan siswa yang kedua menukarkannya dengan kartu yang bertuliskan jenis kata(sebagai uang) hingga kartu yang dipegang oleh siswa yang pertama habus terjual ditukar dengan kartu yang dipegang oleh siswa kedua.
b. Nama media: Kartu الاسم المؤنث\ الاسم المذكر
1) bahan-bahan yang diperlukan
- kotak ukuran 25 cm persegi dua buah
-karton ukuran 5 x 10 cm
- spidol
2) Cara pembuatan
-tuliskan kata-kata yang termasuk jenis kata
الاسم المؤنث\ الاسم المذكر
- kemudian tuliskan juga didepan kotak tersebut tulisan الاسم المؤنث dan الاسم المذكر
3) Cara mengaplikasikan
- siswa dikelompokan dalam enam kelompok
- masing-masing dua kelompok saling berlomba untuk memasukan kata yang berisi jenis kata tarsebut kedalam kotak yang sesuai dengan jenis kata.
C. Nama media : kartuفعل dan ضمير
1) bahan-bahan yang diperlukan
- karton ukuran 5 x 10 cm
- spidol
2)cara pembuatan
- karton ditulis dengan فعل ماضىdanفعل مضارع (lengkap sejumlahضمير )
3) cara mengaplikasikan
Siswa pertama mengangkat kartu yang bertuliskan kata-kata فعل ماضىatau فعل مضارع
- sedangkan siswa kedua dengan kartu yang bertuliskan ضمير hingga kartu yang dipegang oleh siswa pertama habis dengan kartu yang dipegang oleh siswa kedua.
Comments
Post a Comment